Minggu, 25 Januari 2015

Bali Bird Park

Tadinya ke Ubud niatnya mau lihat pemandangan sawahnya yang bertingkat-tingkat itu sekaligus menikmati udara pedesaan yang pastinya ademmmm banget. Namun apa daya sehariannn itu ujan turun terus dari start awal berangkat ampe balik lagi. Alhasil rada macet dan pemandangannya jadi gelep karena ujan deres. Muter-muter Ubud di tengah ujan yang gak jelas akhirnya kita mampir ke Bebek Tepi Sawah buat isi perut dulu karena hari sudah siang.
Habis dari Bebek Tepi Sawah ujan agak mereda dan akhirnya kita putuskan mampir ke Bali Bird Park. Aku sih nyebutnya kebun binatang hahaha tapi sisterku langsung sewot. Ini tuh tempat koleksi burung bukan kebun binatang katanya hahahha. 
Begitu selesai antri beli tiket kita langsung masuk. Begitu masuk seneng banget di sambut burung merak putih yang di lepas bebas. Seneng banget lihat burung itu bebas jalan ke sana kemari. Gak hanya yang putih tapi ada juga berwarna. Kurang beruntung karena mereka gak sedang membuka ekornya, tapi biar begitu mereka tetap cantik eh salah ganteng ding. Soalnya dari beberapa infornasi yang aku tahu merak yang ekornya bisa melebar cantik kayak kipas gitu adalah meraj jantan hihihi.
Dan yang menyenangkan itu akhirnya bisa lihat si burung cantik berkaki jenjang, gerombolan itu seperti menggoda dengan warna pink-nya yang lembut cantik menggoda. Yahhhhh betul betul siapa lagi kalau bukan Flamingo. Mereka cantikkkkkkk banget. Beruntung bisa foto mereka pas lagi kumpul. Ada yang lagi tiduran siang sambil angkat kaki dan lipet kepalanya. Lucuuuu bangettttt.
Oh ya pas kita kemari ada kejadian menarik. Seorang turis asing, anaknya menjatuhkan kacamata sunny-nya tepat di kandang si komodo. jatuhnya tepat di belakang ekornya. Petugasnya berusaha ambil tuh kacamata pake tongkat eh susahnya minta ampun. Mau nekat turun tuh komodo lagi anteng ntat kaget malah nyerang petugasnya. Jadilah itu kacamta disodok rada jauhan dulu dari si komodo dan baru deh petugasnya turun buat ambilin. Ada-ada aja. 
Koleksi burungnya lumayan lengkap loh. Ada burung cendrawasih yang endemik Irian itu, aku kira cendrawasih itu gedeee ternyata gak begitu gede tapi emang surai ekornya yang berwarna kunig lembut itu cantik bangettt. Pantes aja dia pernah jadi lambang untuk mata uang, lupa nih pecahan berapa uang jaman dulu yang ada gambar burung cendrawasihnya, lima ribu apa dua pulu ribu ya, lupa. Ngomong-ngomong soal gambar di duit nih burung juga pernah jadi gambar di mata uang kita, tapi yah itu lupa lagi pecahan berapa. Warnanya biru lembuttttttt banget. Ada mahkota dikepalanya. Burungnya gak terlalu pemalu tapi bukan berarti juga gampang didekati hehehe. Kita ketemu dia lagi di atas pohon dan ada juga yang lagi berjalan-jalan di tanah. Kesan matanya galak tapi biar gitu tetep cantekkkkk hahahhahaha. Pengen dibawa pulang deh buat dipiara rasanya >,<
Dara Mahkota
Kalo burung yang satu ini ukurannya gede dan sering ada di pantai-pantai di luar negeri. Biar gede dia kuat terbang. Kalo dulu waktu kecil sering nongol di film-film kartun sambil bawa kantung bayi diparuhnya hahahaha. Dia juga nongol di film Finding Nemo dan bantuin Nemo ketemu sama ayahnya. Hobinya makan ikan dan cara ambilnya unik, disedok sama paruhnya yang gede itu.
Pelikan akhirnya bisa bertemu dengan sosok aslimu muahhhhhh hihihihihi.
Aku baru sekali ini lihat burung ini. Tadinya kupikir dia bangau tapi kok beda sama bangau yang pernah aku lihat. Jambulnya itu lohhhh bikin gak tahan. Kayak jamur enoki jadi pengen di mamam.
Asalanya jauh dari Afrika, tapi sayangnya aku gak sempet baca nama jenis burung ini karena sibuk ngikutin dia buat di foto, suka kabur-kabur soalnya hehehhe. Kita sebut burung Afrika ajalah ya.
Burung lucu mungil ini disebutnya burung matahari, mungkin karena warnanya yang kuning cerah kayak matahari yah. Lucu loh pas ngeliatnya di dalam sangkar, berbaris bertiga saling elus-elus bulu temannya. Ngusel-ngusel gitu kayak kita kalo lagi sama ibu/mama hehehehe.
Keluar dari Bali Bird Park tiba-tiba aja kepikir, sayang dan miris banget kalau burung-burung lucu dan cantik-cantik di dalam menjadi semakin langka lalu blasss hilang alias punah. Jangan sampe kita hanya bisa nikmatinnya di buku sejarah tanpa pernah bisa lihat aslinya. Semoga makin banyak orang yang sadar dan penggiat lingkungan hidup juga makin banyak.

Photos taken by me and my sister from my "canny"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar